Hindari penyakit lupa dengan minum 2 gelas kopi sehari

Hindari penyakit lupa dengan minum 2 gelas kopi sehari. Peneliti Austria mengatakan, segelas kopi setiap pagi dapat meningkatkan aktivitas kerja otak di bagian ingatan serta mengurangi short term memory lost. Jadi anda tidak perlu ragu mengkonsumsi kopi.

Menurut studi para peneliti Innsbruck Medical University, minum kopi 2 cangkir setiap hari sama dengan 100 (mg) miligram kafein dalam kopi dapat meningkatkan fungsi dan aktifitas otak terutama bagian daya ingat (memori).

“Kami menemukan wilayah otak lebih aktif pada mereka yang meng-konsumsi kafein dalam kopi di banding mereka yang tidak. Wilayah itu merupakan area yang spesifik yang biasanya di gunakan untuk mengingat,” tutur radiologi, Dr. Florian Koppelstatter.

Kemampuan yang dapat dilihat pada otak itu yaitu kemampuan untuk menyimpan informasi serta membuatnya lebih mudah untuk di ingat kembali. Contoh kecil yang digunakan adalah kemampuan untuk mengingat suatu nomor telepon.

Selain kopi, kafein dalam kopi juga terdapat banyak pada daun teh dan cokelat. Rata-rata warga Amerika meng-konsumsi 238 (mg) miligram kafein dalam kopi atau sama dengan 4 gelas kopi setiap harinya. Sedang, konsumsi kafein dalam kopi terbesar yaitu penduduk Skandinavia yaitu sekitar 400 (mg) miligram setiap hari.

Dalam studi tersebut, Dr. Koppelstatter mengambil relawan 15 orang pria berusia antara 26 th dan 47 th. Selama 2 hari mereka diminta tidak mengkonsumsi kafein dalam kopi atau nikotin. Kemudian pada hari berikutnya mereka diberi minuman kafein dalam kopi sebanyak 100 (mg) miligram, dan 20 menit kemudian dilakukan scan otak mereka dengan menggunakan fMRI dan dilakukan memori test.

Hasil scan fMRI menunjukkan, ternyata kafein dapat meningkatkan aktifitas otak bagian depan pada jaringan memori otak. Sebaliknya mereka yang tidak meminum kafein. “Tidak ada satu pria yang mengalami peningkatan performa kerja otak mereka pada bagian depan,” menurut Koppelstatter.

Koppelstatter sendiri mengatakan masih belum mengetahui dengan pasti bagaimana pengaruh kafein pada daya ingat otak. Dr. Koppelstatter hanya menduga bahwa kafein dapat bereaksi dengan zat dalam pembuluh darah pada otak, juga selsel saraf di otak yang membuat syaraf otak menjadi lebih aktif.

Mengkonsumsi 2 gelas kopi setiap hari masih baik untuk otak, tapi kemudian jangan mengonsumsi kopi lebih dari 2 gelas yang menurut anda bisa membuat lebih pintar. “Hasil positif kafein tidak bisa terjadi secara langsung. Jadi belum tentu jika semakin banyak mengkonsumsi kafein dalam kopi semakin baik,” ujar Koppelstatter.

  • Winsor Pilates

Post Comment