Cegah Diabetes dengan Kopi dan Teh
December 8, 2009 by Yunita
Filed under Kopi Tribulus Dynamic, Kopi Tribulus Dynamic News Articles
Cegah Diabetes dengan Kopi dan Teh. Pencegahan penyakit diabetes umumnya di-lakukan dengan cara mengubah pola hidup pada si penderita, mulai merubah pola makan, mewajibkan berolahraga hingga minum obat secara teratur. Cara baru untuk mengurangi kadar diabetes adalah dengan minum kopi atau teh secukupnya saja.
Adalah Dr Rachel Huxley di The University of Sydney dari Australia memulai penelitian tentang kopi dan teh mulai tahun 1966 sampai tahun 2009. Penelitian dilakukan pada penderita diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah diabetes yang berkaitan dengan obesitas diabetes jenis ini mempengaruhi 8 % populasi penduduk di Amerika.
Hasil kesimpulan dari penelitian tersebut adalah, secangkir kopi yang diminum seorang setiap hari, dapat mengurangi resiko diabetes hingga 7 %. Dari 6 studi yang ada, diketahui bahwa meminum kopi 3 sampai 4 gelas sehari dapat mengurangi resiko diabetes sampai 36 %.
Sementara itu 7 studi lain menunjukkan, minum teh sebanyak 3 sampai 4 gelas sehari dapat juga menurunkan diabetes sampai 18 %. Para peneliti menduga tidak hanya kafein yang membantu proses penurunan resiko diabetes.
Kandungan lain dalam minuman kopi dan teh seperti magnesium, lignan (seperti estrogen pada tumbuhan), asam chlorogenic merupakan antioksidan yang dapat memperlambat proses pelepasan gula kedalam darah setelah mengkonsumsi makanan.
Pengujian secara klinis memang perlu di ujicobakan untuk memastikan apakah kedua minuman kopi dan teh memang dapat menjadi obat pencegah diabetes. Jika benar terbukti, paramedis mungkin akan memberi saran kepada penderita diabetes untuk tidak hanya olahraga dan mengurangi makanan bergula secara berlebihan, tapi juga banyak minum kopi atau teh.
Tapi perlu diingat, minum kopi atau teh ini sebaiknya kadar gulanya sedikit, bukan seperti sebagian orang Indonesian yang sudah terbiasa memberikan gula terlalu banyak pada minuman kopi atau teh.

































































